Kesalahan Cara Berbisnis Modal Kecil Yang Belum Banyak Diketahui

Demi mendapatkan penghasilan tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak, cara berbisnis dengan modal kecil banyak diminati kalangan masyarakat pebisnis saat ini. Dalam menjalankan suatu bisnis, strategi yang matang dan perencanaan yang baik sangat diperlukan untuk bisa membantu kelancaran dan kesuksesan bisnis yang akan dikelola. Nah, sebelum menentukan strategi dan perencanaan bisnis ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan dengan baik diantaranya keuangan, teknologi, target pasar, dan masih banyak lagi.

Ketika strategi yang dibuat untuk menjalani bisnis dilakukan dengan matang, hal ini bisa mendatangkan kemudahan dalam merencanakan langkah selanjutnya selama berbisnis. Sebaliknya, jika dalam strategi yang digunakan justru banyak kesalahan maka hal inilah yang pada akhirnya membawa bisnis Anda ke jalan kebangkrutan.

Apa Saja Kesalahan-Kesalahan Dalam Menentukan Strategi Berbisnis Modal Kecil?

Untuk meminimalisir terjadinya kebangkrutan yang dilakukan saat membuat dan merencanakan strategi bisnis, hindarilah kesalahan-kesalahan seperti :

  • Tidak mempunyai strategi jangka panjang

Dalam menentukan strategi bisnis, banyak para pebisnis khususnya pemula yang tidak membuat strategi jangka panjang. Padahal peranan strategi yang satu ini sangat penting dalam menunjang kesuksesan dan perkembangan suatu bisnis baik itu bisnis kecil maupun besar.

Sebagai pebisnis, Anda harus bisa menentukan gambaran terhadap bisnis yang dikelola baik itu berupa kondisi bisnis yang akan terjadi sekitar 5 tahun ke depan, peluang yang didapatkan atau bahkan ancaman yang bisa terjadi selama bisnis berjalan. Semua itu harus dipertimbangkan dengan baik melalui perencanaan strategi jangka panjang.

Adapun tujuan dengan adanya strategi jangka panjang ini dilakukan sebagai bahan evaluasi terhadap kinerja perusahaan yang Anda kelola. Tujuan lainnya yaitu agar perusahaan yang Anda kelola bisa lebih siap dalam menghadapi masalah yang mungkin terjadi di waktu mendatang.

  • Riset pasar yang masih kurang

Pada dasarnya, riset pasar dilakukan untuk membidik target pasar agar lebih akurat. Sebelum memulai bisnis, banyak kesalahan yang terjadi yaitu strategi bisnis yang dibuat tidak mencantumkan atau bahkan kurang dalam hal riset pasar. Sehingga pada akhirnya yang terjadi adalah kerugian akibat penjualan dalam bisnis yang Anda kelola tidak sesuai dengan target yang telah ditentukan sebelumnya.

  • Tidak memperhatikan kompetitor

Bagaimana pun juga produk barang atau jasa yang akan Anda pasarkan dalam menjalani suatu bisnis memang sangat penting untuk dipersiapkan. Namun jangan sampai Anda melupakan produk yang dijual oleh pesaing. Perhatikan dan cari informasi mengenai kompetitor agar nantinya Anda dapat bersaing baik dari segi kualitas ataupun segi yang lainnya sehingga bisa lebih unggul dari kompetitor.

  • Optimisme yang berlebihan

Meskipun bisnis yang Anda kelola modalnya kecil dan tidak takut akan terjadinya kerugian, optimisme yang berlebihan sangat tidak baik. Cobalah untuk memikirkan bagaimana cara mengahadapi masalah terburuk yang kemungkinan terjadi dengan bisnis yang dikelola.

Selain menghindari kesalahan-kesalahan cara berbisnis modal kecil yang bisa berakibat buruk pada bisnis yang akan dikelola, Anda juga harus memperhatikan cara mengembangkan bisnis menggunakan inovasi teknologi yang tengah booming saat ini yaitu dengan menggunakan layanan payment gateway.

Dengan menggunakan layanan ini, Anda sebagai pebisnis bisa menerima transaksi dan pembayaran menggunakan berbagai metode dan berbagai perbankan. Nah, salah satu payment gateway yang bisa Anda pilih untuk memberikan kenyamanan kepada customer yaitu payment gateway Prismalink. 

Add Comment