Mengenal Apa Itu Online Payment, Kelebihan dan Kekurangannya

Anda tentu pernah mendengar istilah online payment atau sering disebut juga dengan e-payment. Ini merupakan sistem pembayaran dengan memanfaatkan fasilitas internet sebagai salah satu sarana perantara. Sekarang ini sudah banyak startup yang memfasilitasi pihak pembeli dan penjual dengan memberi jaminan keamanan transaksi e-commerce. Untuk bisa menjamin keamanan transaksi tersebut, startup yang menjadi perantara bekerjasama dengan lembaga perbankan untuk memfasilitasi e-payment secara aman, praktis dan cepat.

Inovasi online payment dari produk online sering disebut sebagai e-payment. E-payment ini adalah sarana perantara dalam transaksi pembayaran secara elektrik. Pembeli bisa melakukan pembayaran dan bila penjual tidak mengirimkan produk atau belum sampai ke tangan pembeli. Maka uang tidak bisa diterima si penjual. Sehingga hal ini bisa meminimalisir penjual melakukan tindak penipuan.

Manfaat Penggunaan Online Payment

Jika anda bertanya sebenarnya apa saja manfaat dari e-payment itu? Saat penjual dan pembeli memakai fasilitas e-payment. Antara penjual dan pembeli bisa mendapatkan berbagai manfaat diantaranya sebagai berikut.

Bisa dilakukan dengan lebih mudah dan secara universal. Selain itu transaksi pembayaran juga bisa lebih aman untuk dilakukan jika dibandingkan dengan cara transfer bank atau yang lainnya. Selain itu pula, anda akan lebih menghemat waktu dan tenaga, karena lebih praktis dan efisien saat menggunakan online payment.

Pihak yang Terlibat di Dalam Online Payment

Ada beberapa pihak yang terlibat di dalam penyediaan fasilitas dan penggunaan e-payment. Diantaranya adalah pihak pembeli yang melakukan pembayaran dengan cara online payment. Selanjutnya pihak penjual yang menerima e-payment. Pihak pengontrol regulasi, dalam hal ini pemerintah lah yang menjadi pihak yang mengawasi dan mengatur proses e-payment. Issuer yang merupakan lembaga non bank atau lembaga bank.

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Online Payment

Dalam era teknologi yang tinggi, saat ini uang tunai berusaha bertahan dalam kompetisi dengan uang elektronik. Sebab semakin banyak orang memilih mempunyai dompet virtual. Adapun beberapa kelebihan saat anda menggunakan e-payment sebagai pembayaran online seperti berikut ini.

Menghemat waktu, transfer uang lewat rekening virtual umumnya hanya memerlukan waktu beberapa menit saja. Sementara untuk transfer antar bank atau kantor pos bisa berapa hari.  Keuntungan lain juga bisa anda dapatkan saat menggunakan layanan e-payment. Ketika anda melakukan semua bentuk transaksi pembayaran bisa dilakukan dengan sangat mudah dan anda tidak perlu antri. Semuanya bisa berjalan dengan waktu, sekejap saja dan bisa langsung dicek jadi lebih efektif dan lebih efisien.

Online payment ini tersedia dalam berbagai macam jenis yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan anda. Saat anda menggunakan fasilitas ini pasti anda akan terhindar dari kejahatan kriminal. Anda tidak perlu membawa banyak uang kemana-mana dan setiap penggunanya harus memasukkan kode rahasia. Jadi sangat memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengguna e-payment.

Kelemahan dari E-Payment

Selain memiliki kelebihan, ada juga kelemahan yang dimiliki oleh sistem e-payment ini. Karena terkoneksi dengan internet, maka banyak yang membuat penjahat bukan hanya fisik secara fisik saja. Tetapi dalam dunia maya juga ada penjahat cyber yang bisa membobol uang elektronik anda.

Untuk anda yang ingin memilih layanan e-payment yang terbaik, anda bisa menggunakan payment gateway dari Prismalink. Prismalink merupakan platform payment gateway yang menyediakan layanan online payment terbaik dengan berbagai macam keunggulan seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi. Semoga bermanfaat!

Add Comment